Saturday, February 16, 2013

001 TAFSIR AL-FATIHAH: Ayat 2


2 -{ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ}

2 - “ puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”


Kosakata

{ ٱلْحَمْدُ }: Alif lam di kata ini bermakna ‘segala’; mencakup segala jenis hamd, yaitu pujian.

{ رَبِّ } : Rabb, yaitu Sang Pencipta, Pemilik dan Pengatur segalanya; Allah Ta’ala.

{ ٱلْعَٰلَمِينَ }: Semesta alam

TAFSIR (Tafsir As-Sa’dy):

{ ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ }”Segala puji bagi Allah” adalah pujian kepada Allah karena sifat-sifat kesempurnaan dan karean perbuatan-perbuatan-Nya yang berkisar di antara karunia dan keadilan, segala pujian yang sempurna hanya bagi-Nya dalam segala bentuknya.

{ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين} “Rabb semesta alam”. Rabb adalah Sang Pemelihara sekalian alam, dan alam itu adalah siapa saja yang selain dari Allah yang Allah ciptakan dan menyiapkan bagi mereka sarana-sarana, memberikan kepada mereka nikmat yang besar, yang mana bila mereka kehilangan kenikmatan itu niscaya mereka tidak akan bertahan hidup, dan apa pun kenikmatan yang ada pada mereka, maka itu semua adalah dari-Nya subhaanahu wa ta’ala.


Pemeliharaan Allah terhadap makhluk-Nya ada dua macam; umum dan khusus. Yang umum adalah Dia menciptakan makhluk, memberi mereka rizki, memberi mereka hidayah kepada hal-hal yang berguna bagi mereka yang merupakan sarana terpenting bagi mereka dalam mempertahankan hidup di dunia. Dan yang khusus adalah pemeliharaan-Nya terhadap kekasih-kekasih-Nya. Dia memelihara mereka dengan keimanan, membimbing mereka kepadanya, menyempurnakan hal itu untuk mereka, menolak dari mereka rintangan dan halangan yang membatasi antara mereka dengan-Nya. Hakikatnya adalah pemeliharaan bimbingan (taufik) kepada segala yang baik dan menjauhkan dari kejahatan, dan mungkin saja makna ini merupakan rahasia dari banyaknya doa-doa para Nabi memakai kata رَبِّ, karena seluruh tuntutan permintaan mereka termasuk dalam naungan rububiyyah-Nya yang khusus. Maka firman-Nya { رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين } “Rabb sekalian alam” menunjukkan kepada keesaan-Nya dalam penciptaan, pengaturan, kenikmatan, kesempurnaan kekayaan-Nya, serta kesempurnaan kebutuhan sekalian alam kepada-Nya dalam segala bentuk dan sudut pandang.

------------------------------

Terjemahan tafsir mengandalkan kitab Tafsir Al-Qur'an (Tafsir As-Sa'dy) cetakan Pustaka Shahifa.

Disusun dan ditulis oleh Hasan Al-Jaizy


No comments:

Post a Comment