Saturday, February 16, 2013

001 TAFSIR AL-FATIHAH: Ayat 1



1 - {بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ}

1 - “Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang”

Kosakata

[بِ]: Dengan

[اسم]: Nama

[ٱلرَّحْمَٰنِ]: Yang Maha Pengasih

[ٱلرَّحِيمِ] : Yang Maha Penyayang


TAFSIR (Tafsir As-Sa’dy):

Maksudnya, saya memulai dengan setiap nama milik Allah Ta’ala, karena kata (اسم) adalah kata tunggal yang disandarkan, maka ia meliputi seluruh Al-Asmaa’ Al-Husna (Nama-nama Allah yang baik).

{الله} adalah yang dituhankan, yang disembah, dan yang berhak diesakan dalam ibadah, karena Dia bersifat dengan sifat dari sifat-sifat ketuhanan yaitu sifat-sifat kesempurnaan.


{ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ} “Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”, adalah dua nama yang menunjukkan bahwa Allah Ta’ala memiliki kasih yang luas dan besar yang meliputi segala sesuatu, dan menyentuh seluruh yang hidup, yang Allah tetapkan bagi orang-orang yang bertakwa yang mengikuti Nabi-nabi-Nya dan Rasul-rasul-Nya; mereka itu mendapatkan kasih yang mutlak sedangkan orang-orang selain mereka hanya mendapatkan sebagian dari kasih itu.

Dan ketahuilah bahwa di antara kaidah yang telah disepakati di antara salaf ulama ini dan para imam ulama adalah beriman kepada nama-nama Allah dan sifat-sifat-Nya serta hukum-hukum tentang sifat tersebut. Mereka beriman bahwasanya Dia adalah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang yang berarti memiliki rahmat di mana Dia bersifat dengannya yang berkaitan dengan hamba-hamba yang dirahmati. Maka nikmat-nikmat itu seluruhnya adalah salah satu dampak dari rahmat-Nya, dan demikianlah juga pada seluruh nama-nama Allah.

Dikatakan tentang “Yang Maha Mengetahui” bahwasanya Dia adalah Maha Mengetahui dan memiliki ilmu di mana Dia mengetahui dengannya segala sesuatu. Juga Dia Maha Kuasa, yakni bahwasanya Dia adalah Kuasa atas segala sesuatu.

---------------------

Terjemahan tafsir mengandalkan kitab Tafsir Al-Qur'an (Tafsir As-Sa'dy) cetakan Pustaka Shahifa.

Disusun dan ditulis oleh Hasan Al-Jaizy

No comments:

Post a Comment