Monday, March 11, 2013

002 Tafsir Al-Baqarah: Ayat 008-009


008 - {وَمِنَ ٱلنَّاسِ مَن يَقُولُ ءَامَنَّا بِٱللَّهِ وَبِٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ وَمَا هُم بِمُؤْمِنِينَ}

009 – { يُخَٰدِعُونَ ٱللَّهَ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَمَا يَخْدَعُونَ إِلَّآ أَنفُسَهُمْ وَمَا يَشْعُرُونَ }


008 - “Di antara manusia ada yang mengatakan: "Kami beriman kepada Allah dan Hari kemudian", padahal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman.”

009 – “Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, pada hal mereka hanya menipu dirinya sendiri sedang mereka tidak sadar.”




TAFSIR AS-SA’DY


Ketahuilah bahwasanya kemunafikan itu adalah menampakkan kebaikan dan menyembunyikan kejahatan, termasuk dalam definisi ini kemunafikan i’tiqad dan kemunafikan amaliah. Kemunafikan amaliah adalah seperti yang disebutkan oleh Nabi shallallahu alaihi wa sallam dalam sabda beliau:

"آية المنافق ثلات: إذا حدث كذب، وإذا وعد أخلف، وإذا اؤتمن خان "وفي رواية: "وإذا خاصم فجر "

“Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga: Apabila berbicara dia berdusta, bila dia berjanji dia mengingkari dan bila diberikan amanat dia berkhianat.” Dan dalam riwayat lain: “Dan bila dia berperkara dia berlaku curang.” (H.R. Al-Bukhary, no. 33, dan Muslim, no. 59)

Adapun kemunafikan I’tiqadiyyah yang mengeluarkan seseorang dari Islam yaitu Allah Ta’ala sebutkan sebagai sifat-sifat kaum munafikin dalam surat ini dan surat lainnya. Kemunafikan ini belumlah muncul sebelum hijrahnya Nabi shallallahu alaihi wa sallam dari Makkah menuju Madinah bahkan juga setelah hijrah hingga setelah kejadian perang Badr, dan Allah memberikan kemenangan kepada kaum Muslimin dan memuliakan mereka, dan menghinakan orang-orang yang ada di Madinah dari mereka yang belum masuk Islam. Lalu sebagian mereka menampakkan keislaman mereka karena takut dan sebagai tipu daya, dan untuk menjaga darah dan harta mereka, di mana mereka-mereka ini bersama kaum Muslimin secara lahiriyah, mereka menampakkan bahwa mereka adalah bagian dari kaum Muslimin. Padahal pada hakikatnya mereka bukanlah dari kaum Muslimin.

Maka sebagai tindakan kelembutan Allah bagi kaum Mukminin adalah bahwa Allah memperlihatkan kondisi-kondisi mereka, dan menggambarkan mereka dengan sifat-sifat yang membedakan jati diri mereka, agar kaum Mukminin tidak terpedaya oleh mereka, dan mampu mengendalikan kejahatan-kejahatan mereka. Allah Ta’ala berfirman:

{ يَحْذَرُ الْمُنَافِقُونَ أَنْ تُنزلَ عَلَيْهِمْ سُورَةٌ تُنَبِّئُهُمْ بِمَا فِي قُلُوبِهِمْ }

“Orang-orang munafik itu takut akan diturunkan terhadap mereka suatu surat yang menerangkan apa yang tersembunyi dalam hati mereka.” (Q.S. At-Taubah: 64)

Lalu Allah menyifati mereka dengan sifat dasar kemunafikan seraya berfirman: {وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ آمَنَّا بِاللَّهِ وَبِالْيَوْمِ الآخِرِ وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِينَ }”Di antara manusia ada yang mengatakan, ‘Kami beriman kepada Allah dan Hari Kemudian,’ padahal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman,” karena mereka mengatakan dengan lisan mereka apa yang tidak ada dalam hati mereka. Lalu Allah mendustakan mereka dengan berfirman, { وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِينَ } “Padahal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman,” karena keimanan yang hakiki itu adalah sesuatu yang disepakati oleh hati dan lisan. Sesungguhnya hal yang tadi itu adalah tipu daya terhadap Allah dan hamba-hamba-Nya yang beriman. Dan tipu daya itu adalah bahwa si pelaku tipu daya menampakkan sesuatu kepada orang yang diperdaya dan dia menyembunyikan hal yang berbeda dengannya demi memperolah apa yang diinginkannya dari orang yang diperdaya tersebut. Dan inilah yang dilakukan orang-orang munafik tersebut terhadap Allah dan hamba-hamba-Nya, sehingga tipu daya mereka tersebut kembali kepada diri mereka sendiri.

Ini adalah suatu perkara yang mengherankan sekali, karena biasanya seorang pelaku tipu daya itu kondisinya bisa jadi akan memperoleh apa yang menjadi tujuannya atau dia selamat yang mana dia tidak mendapatkan apa-aoa dan tidak rugi apa-apa juga, namun lain halnya tipu daya orang-orang munafik ini, ia mala kembali pada diri mereka sendiri. Oleh karena itu, seolah-olah mereka itu melakukan suatu makar untuk menghancurkan diri mereka sendiri, membahayakan dan menipu diri mereka, karena Allah tidaklah tersentuh oleh mudarat sedikitpun dari tipu daya mereka, demikian juga hamba-hamba-Nya yang beriman, mereka tidak tersentuh oleh mudarat sedikitpun dari tipu daya mereka. Maka tindakan kaum munafik menampakkan keimanan mereka tidak membawa dampak bagi kaum Muslimin, hingga selamatlah dengan hal itu harta-harta mereka, dan terjaga darah-darah mereka. Dan tipu daya mereka kembali kepada leher-leher mereka, hingga dengan demikian mereka mendapat kehinaan dan cela di dunia, serta kemalangan yang terus-menerus yang disebabkan oleh apa yang diperoleh kaum Mukminin berupa kekuatan dan kemenangan, kemudian pada Hari Akhir nanti mereka mendapatkan azab yang pedih lagi menyakitkan dan menyerikan disebabkan oleh pendustaan, kekufuran, dan kejahatan mereka. Dan keadaannya saat ini adalah bahw mereka dengan kebodohan dan kedunguan yang ada pada mereka, mereka tak menyadari hal tersebut.



Terjemahan tafsir mengandalkan kitab Tafsir Al-Qur'an (Tafsir As-Sa'dy) cetakan Pustaka Shahifa.

Disusun dan ditulis oleh Hasan Al-Jaizy




Berminat pada buku ini?

Lihat Deskripsi buku ini dan pesan di: http://pustakailmu.com/buku-syarah-dan-tafsir/buku-tafsir-as-sadi#.UT5FQKKxWoA

No comments:

Post a Comment